Latest Updates

TEKNIS BUDIDAYA UDANG VANAME ; WARNA AIR

TEKNIS BUDIDAYA UDANG VANAME ; WARNA AIR  | Udang Vaname. Di tambak budidaya udang vaname, seringkali kita jumpai warna air yang berbeda antara tambak satu dengan lain, atau juga kita temui warna air yang berubah pada suatu tambak, mengapa hal ini bisa terjadi. Perlu diketahui bahwa warna air ditentukan oleh jenis plankton yang mendominasi pada saat itu. Jenis plankton dominan yang membawa pigmen warna tertentu akan menyebabkan warna air serupa dengan pigmen warna jenis plankton dominan tersebut.

teknis budidaya udang vaname
  

Seringkali petambak menuntut agar warna air tambaknya hijau, hal ini adalah betul, karena warna air hijau menunjukkan dominasi plankton Chlorophyta (pigmen warna hijau) yang merupakan jenis phytoplankton yang baik. Namun sebenarnya, jenis plankton yang baik tidak harus berjenis chlorophyta sehingga warna air yang baik dan siap untuk ditebar tidak harus hijau.
Contoh jenis plankton lain yang baik adalah Diatomae, salah satu jenis phytoplankton yang akan menyebabkan air tambak berwarna coklat muda. Sehingga petambak tidak perlu risau jika warna airnya tidak hijau namun coklat muda. 
Memang ada jenis plankton yang tidak baik, yaitu dari species Cyanophyta dan Dinoflagellata dimana populasinya di tambak maksimal adalah <5%.
Sebagai pedoman untuk dominasi plankton yang baik di tambak udang vaname adalah dominansi dari Chlorophyta atau Diatomae dengan dominasi >90%. Untuk menyuburkan plankton perlu dipupuk dengan pupuk organik yang baik.
Demikian sedikit informasi mengenai plankton yang baik di tambak udang vaname.

0 Response to "TEKNIS BUDIDAYA UDANG VANAME ; WARNA AIR "

Posting Komentar