Latest Updates

SUHU AIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP IKAN

Dalam budidaya udang maupun ikan, suhu juga memegang peranan yang cukup penting. Kondisi suhu yang tidak stabil terlalu panas maupun dingin bisa akan mnurunkan produktivitas ikan. Suhu air dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari, suhu udara, cuaca dan lokasi. 
Air mempunyai kapasitas yang besar untuk menyimpan panas sehingga suhunya relatif lebih konstan dibandungkan dengan suhu udara. Energi cahaya matahari sebagian besar diabsorbsi di lapisan permukaan air semakin ke dalam semakin berkurang. Pengaruh suhu terhadap ikan atau udang adalah sebagai berikut :
  1. Suhu terlalu dingin : menurunkan nafsu makan ikan, sehingga mengurani feed intake yang bisa mengakibatkan pertumbuhan dan penggemukan menjadi lambat, menekan respon kekebalan ikan, sehingga ikan menjadi lebih rentan dari serangan bibit penyakit.
  2. Suhu terlalu panas : menurunkan konsentrasi oksigen yang terlarut, sehingga mengganggu kondisi fisiologis ikan karena beberapa fungsi organ terganggu seperti metabolisme, meningkatkan daya toksisitas bahan-bahan terlarut yang berbahaya. pada suhu yang ekstrem terjadi kematian pada ikan atau udang.  
Suhu Optimal  

Suhu optimal untuk ikan maupun udang untuk kehidupan yang normal adalah antara 22 - 30 derajat celcius. Pada kisaran suhu tersebut, metabolisme tubuh berjalan dengan normal, sehingga nafsu makan juga normal, feed intake terpenuhi dan akhirnya pertumbuhan awal dan penggemukan juga normal.
Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan pengaruh suhu terhadap ikan.

0 Response to "SUHU AIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP IKAN"

Posting Komentar