Latest Updates

TEKNIS TAMBAK UDANG, PERLUKAH MENYEROK KOTORAN TAMBAK ?

Tambak udang intensif sangat memerlukan perhatian kita setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari. Mulai dari yang kelihatan pentingnya, misalnya pemberian pakan, penggantian air, cek anco dan lain-lain, hingga yang kelihatan sepele misalnya pembersihan permukaan air dengan serok.

Sekilas nampak tidak penting, namun hal itu ikut berperan dalam keberhasilan budidaya udang. 
Hal itu dimungkinkan karena kotoran yang mengapung di permukaan air itu biasanya adalah busa yang berwarna putih hingga kecoklatan. Busa tersebut berasal dari plankton yang mati,yang apabila tidak diangkat ketika kondisi malam, akan tenggelam yang akhirnya ikut menjadi endapan bahan organik di dasar tambak yang bisa menjadi bahan pencemar jika proses biologi kimianya tidak sempurna.
Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pengangkatan busa setiap hari, karena pembentukan busa tersebut juga terjadi setiap hari. Pengangkatan atau penyerokan tersebut cukup mudah, karena busa akan terkumpul di pojok tambak dimana arah angin sedang bertiup. Jadi penyerokan ini walaupun keliharannya tidak penting namun sebenarnya penting dalam rangka menjaga kualitas air tambak budidaya udang.
Akan lebih sempurna lagi jika pengelolaan tersebut disertai dengan pemberian pupuk TON karena sudah terbukti mampu menjaga kualitas air tambak selama proses budidaya udang berlangsung.

0 Response to "TEKNIS TAMBAK UDANG, PERLUKAH MENYEROK KOTORAN TAMBAK ?"

Poskan Komentar